Piala Asia 2023 Ukir Sejarah, Wasit Wanita Yoshimi Yamashita Bakal Memimpin Duel Australia vs India

Piala Asia 2023 Ukir Sejarah, Wasit Wanita Yoshimi Yamashita Bakal Memimpin Duel Australia vs India

Jakarta Piala Asia 2023 Qatar bakal berlangsung mulai 12 Januari 2024. Sebanyak 24 negara, termasuk Indonesia ikut ambil bagian pada turnamen yang berlangsung hingga 10 Februari mendatang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pertandingan Piala Asia 2023 tidak seluruhnya dipimpin oleh wasit pria. AFC telah memutuskan akan menurunkan Yoshimi Yamashita sebagai wasit utama pada laga grup B yang mempertemukan Australia vs India di Stadion Ahmad bin Ali, Sabtu (13/1/2024).

Seperti dilansir dari situs resmi AFC, penunjukan resmi Yamashita dilakukan pada 11 Januari lalu sekaligus jadi sejarah Piala Asia yang belum pernah menggunakan wasit wanita pada edisi sebelumnya.

Yamashita merupakan satu dari lima perangkat pertandingan wanita yang bertugas di Piala Asia 2023. Saat memimpin jalannya duel Australia vs India nanti, dia akan dibantu oleh asisten wasit Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi. Mereka bertiga adalah trio ikonik Jepang yang membuat sejarah sebagai ofisial wanita pertama yang bertugas di AFC Cup, Liga Champions (2022) dan Liga J1 (2023).

Kemampuan Yamashita sendiri tidak perlu diragukan lagi. Pengalamannya sudah segudang. Dia telah mendapat pengakuan FIFA pada 2015 dan telah mendobrak berbagai rintangan yang mengadang.

Sederet Pengalaman Yamashita

Yamashita menjadi wasit wanita pertama yang memimpin laga J1 League bulan September 2022 lalu. Dia juga satu dari enam ofisial pertandingan wanita yang ditugaskan FIFA pada Piala Dunia Qatar 2022 lalu. Ini menjadi penunjukan ofisial wanita pertama dalam sejarah turnamen akbar empat tahunan itu.

Yamashita juga menjadi wasit utama pada laga pembuka Piala Dunia Sepak Bola Wanita yang berlangsung di Australia dan Selandia Baru, tahun lalu. Sepanjang turnamen ini, dia memimpin dua pertandingan lagi dan menjabat sebagai ofisial keempat untuk dua pertandingan berikutnya.

Klik Disini :  Tvtogel

Kiprah Yamashita di Piala Dunia Wanita diawali tahun 2019 lalu. Jebolan Universitas Tokyo Gakugei, Bozono itu juga berpengalaman di AFC Women’s Asian Cup (2018 dan 2022) dan Olimpiade (2020).

Piala Asia 2023 Diikuti Timnas Indonesia

Sementara itu, babak penyisihan Piala Asia 2023 dimulai hari ini, Jumat (12/1/2024). Laga pertama bakal mempertemukan tuan rumah Qatar dan Lebanon di Lusail Stadium, pada pukul 19.00 WIB.

Babak penyisihan sendiri terdiri dari enam grup. Timnas Indonesia yang juga ikut ambil bagian tergabung di grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Pada pertandingan pertama, Indonesia akan berhadapan dengan Irak pada 15 Januari 2024. Selanjutnya, pasukan Shin Tae-yong sudah ditunggu Vietnam pada 19 Januari 2024. Sementara pada laga terakhir yang berlangsung 24 Januari 2024, Indonesia akan bertemu lawan berat, Jepang.